Tips Membuat PowerPoint yang Menarik untuk Presentasi



Agar penyampain kepada public jelas dan terperinci yang sekarang kita praktekan adalah PowerPoint dan pada umumnya, para dosen, mahasiswa, pelajar membuat sebuah bentuk tampilan persentasi di PowerPoint bertujuan untuk meringkas hal yang penting saja dalam materi. 

Adanya PowerPoint ini saya sendiri menyimpulkan bagaimana penyampaian materi kepada orang lain jadi sangat mudah akan mempermudah audiens dalam menangkap isi dan tujuan dari presentasi yang sudah saya buat.

Namun, masih banyak yang tidak memperhatikan tampilan PowerPoint. Sehingga, PowerPoint tidak menarik dan audien susah menangkap isi powerPoint tersebut.

Setidaknya untuk membuat PowerPoint yang menarik harus memperhatikan beberapa prinsip berikut:

1. Tampilan yang Visual

Jangan karena sederhana PowerPoint yang agan buat malah tidak menarik. Gunakanlah beberapa tampilan visual berupa gambar, grafik, tabel ataupun diagram yang mampu memberikan sebuah ilustrasi dari informasi yang hendak disampaikan. Hal ini bisa menyederhanakan slide tapi tetap terlihat menarik.

2. Kontras pada tampilan

Hal ini bertujuan untuk memberikan penekanan terhadap sebuah informasi yang hendak disampaikan. Contohnya dengan menggunakan warna yang berbeda terhadap tulisan tertentu.

Hindari membuat tulisan dengan warna yang selaras atau mengandung unsur yang sama dengan background, karena akan membuat tulisan tidak jelas atau susah dibaca.

3. Tampilan yang Sederhana

Maksudnya sederhana itu to the point atau langsung ke inti. Saat membuat slide pada PowerPoint usahakan untuk tidak terlalu banyak memuat konten yang berlebihan.
Setelah mengetahui prinsip-prinsip membuat PowerPoint, berikut ada beberapa tips membuat PowerPoint yang menarik untuk presentasi:

Tips Membuat PowerPoint yang Menarik



1. Sedikit Tapi Berbobot
Sebaiknya hindari kebiasaan langsung copy paste tulisan makalah ke PowerPoint, karena hal tersebut merupakan sebuah pemborosan.

Agan bisa ambil subtansi atau poinnya saja. Terapkan juga rule of three, dimana satu slide hanya memuat tiga point saja.

2. Gunakan Slide Pembuka yang Memancing Rasa Ingin Tahu Audien
Agan bisa menggunakan sebuah pertanyaan pada slide pembuka setelah slide cover untuk memancing rasa ingin tahu audiens. Bisa juga menggunakan gambar yang mengundang pertanyaan. Tapi, perlu diingat jika ingin menggunakan gambar, gunakan gambar yang mendukung materi presentasi.

3. Satu Slide Fokus di Satu Ide
Isilah satu slide dengan satu pembahasan saja. Contoh slide pertama membahas pengertian, kemudian pointnya pengertian menurut bahasa dan pengertian menurut istilah. Jangan isikan slide tersebut dengan pembahasan lain. Hal ini bertujuan agar audiens tidak kebingungan dalam memahaminya.

4. Menggunakan SmartArt
Tips membuat PowerPoint menarik selanjutnya adalah menggunakan SmartArt. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat audiens dalam menangkap pesan yang disampaikan dalam slide, ketimbang harus membaca tulisan.

Agan bisa memilih SmartArt dalam bentuk diagram, matrik, grafik, piramida dan lain-lain untuk mendukung presentasi agan.

5. Jangan Terlalu Banyak Animasi
Banyaknya animasi dalam slide akan membuat audiens tidak fokus dengan pesan yang hendak disampaikan, karena fokus audiens bisa teralihkan oleh animasi-animasi yang memenuhi slide. Pilihlah animasi yang memang sesuai dengan pesan pada slide dan jangan berlebihan juga.

6. Menggunakan Tema yang Sama
Terkadang banyak yang membuat PowerPoint dengan tema yang berbeda pada setiap slidenya. Padahal ini salah, karena hal tersebut tidak akan menciptakan hubungan atau harmonisasi terhadap PowerPoint yang agan buat dan bisa juga membuat kefokusan audiens berkurang.

7. Alur Pembahasan yang Teratur
PowerPoint yang baik adalah PowerPoint yang memiliki slide dengan alur yang teratur, dimulai dari pembukaan, penjelasan sampai penutup.

Itulah tadi beberapa tips membuat PowerPoint yang menarik untuk presentasi. Agan bisa menerapkan tips-tips di atas untuk membuat presentasi PowerPoint yang menarik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel