Berikut 5 Rahasia Cara Percepat Fast Loading Halaman Blogger 100% Work

Berikut 5 Rahasia Cara Percepat Fast Loading Halaman Blogger 100% Work

Cara Mempercepat Loading Blog - Pada kesempatan ini saya berkesempatan menulis artikel yang manfaatnya baik sekali untuk para publisher google yang proyeknya belum pasti fast load untuk di buka oleh para pengunjung yaitu tema yang super ringan untuk bersaing di dunia blogging. 



Bahkan penundaan satu detik dapat secara drastis mengurangi tampilan halaman blog loh, kepuasan pelanggan, dan enaknya tampilan untuk di pandang. Sebenarnya, itu bukan rahasia sama sekali, Sejak 2010, Google telah menghitung kecepatan situs dalam algoritmanya untuk peringkat blog. Jadi, factor apa yang mempengaruhi kecepatan halaman blog sobat ? Yak, yang pasti di perlukan waktu peramban untuk merayapi kode html tampilan tema blog sobat, stylesheet, skrip dan gambar yang Setiap fitur baru membebani fast load blog blogger sobat menjadi lama.

Pastinya tau dong jika situs e-commerce menghasilkan puluhan dollar per hari bahkan lebih, penundaan 1 detik saat buka halaman bisa berdampak kerugian penghasilan juga, banyak para master mengatakan bahwa pembaca mengharapkan situs web memuat dalam 2 detik sementara penundaan lebih dari 3 detik pun dapat membuat si pembaca meninggalkan blog sobat dan membuatnya blog di anggap tidak professional.

Tentu saja, pencarian cepat tentang cara meningkatkan waktu buka halaman menghasilkan begitu banyak cara seperti Minimalkan CSS, JavaScript di bawah, tetapi tidak ada instruksi khusus untuk blog blogger TAPI jangan khawatir, saya telah menyiapkan daftar cara untuk pengguna blogspot maupun blog wordpress, menerapkan perubahan ini secara bebas untuk dilakukan meningkatkan fast loading blog, bahkan jika sobat bukan programmer pun. Artikel yang saya bagikan ini menggunakan teknik dasar dan lanjutan yang dapat sobat gunakan untuk mengoptimalkan loading halaman blog .



Cara Mempercepat Loading Blog agar Super Ringan



1 – Optimalkan Gambar Artikel di Blog

Cara lain dapat membantu mengurangi ukuran halaman dalam byte, tetapi ukuran gambar dapat secara drastis meningkatkan atau menurunkan ukuran halaman blog sobat dalam kilobyte (KB) dan kami telah membahas bahwa semakin besar ukuran gambar di post post artikel semakin lebih lama waktu buka halaman blog. Oleh karena itu Ukuran gambar adalah faktor yang paling penting untuk mengoptimalkan loading blog. Sebenarnya saya juga sering mengupload gambar untuk meningkatkan daya tarik visual dari tulisan, oleh karena itu menjadi penting untuk mengoptimalkan gambar. Karena Blogger secara default tidak mengoptimalkan gambar yang sudah di upload, jadi harus di optimalkan gambar sebelum mengunggah.

Gunakan tools tools di google yang melayani kompresi gambar online seperti Tingpng, ImageOptimizer, Kompressjpg dan masih banyak lagi tools untuk mengoptimalkan gambar tanpa mengorbankan kualitas gambar.
Pangkas gambar untuk artikel ke ukuran yang benar. Sebagai contoh: Jika lebar halaman utama sobat adalah 600px, ubah ukuran gambar ke lebar itu. Jangan hanya mengunggah gambar lebar 2000px dan mengatur parameter lebar (lebar = "600"). Ini memperlambat waktu buka halaman dan menciptakan pengalaman yang konyol, hhe.

Saya sarankan gunakan format gambar dengan JPEG atau PNG, meskipun semua browser sepenuhnya mendukungnya.



2 - Kurangi Jumlah Postingan di Blog

Halaman Utama adalah halaman yang paling penting di blog, itu seperti kesan pertama yang paling penting ". Halaman utama sobat sendiri membahas tentang isi konten blog, sebagian besar pengguna menggunakan beranda untuk tujuan navigasi. Menurut sebuah penelitian, 90% pengunjung menganggap homepage atau halaman awal sebagai faktor penting untuk kualitas blog. Bahkan jika konten penulisan artikel berkualitas dapat mengurangi jumlah posting per halaman, blog dapat secara cepat meningkatkan waktu load homepage atau halaman utama blog .

Saya sarankan tampilkan post di halaman awal paling banyak 6-8 postingan .



3 - Kurangi Jumlah Widget Sidebar

Menambahkan widget adalah fitur keren di blogger dan memungkinkan menambahkan widget sebanyak yang sobat inginkan. Tapi ingat, menambahkan terlalu banyak widget dapat meningkatkan permintaan HTTP yang sangat mempengaruhi saat membuka halaman blog. Tampilkanlah jumlah widget yang sedikit saja di blog, saran saya ;

Hapus widget yang tidak diinginkan dan yang tidak penting.
Gunakan max 5 widget pada halaman.
Buat halaman bukan widget tetapi relevan.
Tampilkan atau Sembunyikan widget di halaman tertentu.



4 - Minimalkan JavaScript Dan CSS

Mengompresi (Meminimalkan) kode template sobat juga berguna untuk penelusuran yang berjalan di Internet, seperti CSS dan JavaScript. Ini mengurangi ukuran file (kode) tanpa merusak kode. Seperti yang saya katakan tadi, bahwa "semakin besar ukuran halaman semakain banyak pula waktu loading blog".

Sebelum mengetahui lebih dalam, penting untuk di pelajari lebih lanjut tentang manfaat dari kode sumber Eksternal. Jika kode itu Eksternal, itu bisa lebih mudah di-cache oleh browser.
-Konversikan JavaScript inline ke JavaScript Eksternal, kemudian minifikasi dan tempatkan di akhir.
-Ubah CSS inline ke file Eksternal, kemudian kompres kode.

Untuk mengecilkan CSS, cobalah dengan tools CSScompressor . Untuk mengecilkan Javascript, sobat bisa bisa gunakan Javascript-Compressor .

Cara Mengurangi CSS Dan JavaScript:
1. Salin dan sisipkan CSS atau JavaScript sobat di bidang masukan kosong.
2. Klik Kompres.
3. Sekali lagi salin dan tempel kode output Anda di file Anda, dan simpan file tersebut.

Catatan: Jangan memindahkan file CSS di ujung badan. (Opsional) Anda dapat menempatkan file CSS di atas tag </ head>.



5 – Pindahkanlah Kode JavaScript Di Bagian Bawah Strukture Template

Di semua halaman blog selalu ada memuat dari atas ke bawah dan kode ditempatkan pertama di dokumen HTML, di pertama dan seterusnya. JavaScript membutuhkan waktu beberapa detik untuk dieksekusi sepenuhnya dan dengan demikian meningkatkan waktu buka halaman , Oleh karena itu JavaScript bertempat di ujung badan sehingga kode yang penting dapat dimuat terlebih dahulu untuk menampilkan halaman blog yang lebih cepat.

Pilihan ini hanya untuk fitur khusus. Misalnya: Kotak Pencarian Kustom , Kotak Langganan Khusus , Custom Lightbox untuk blogger, dan tampilan lainnya.

- Pindahkan kode JavaScript Inline di atas tag </ body> .

- Juga Tempatkan JavaScript Eksternal di bagian akhir.




Langkah-Langkah: Untuk Memindahkan JavaScript Di Bawah

1. Salin kode JavaScript Anda dengan tag <script> ... </ script>.
2. Login ke blogger, lalu arahkan ke Dashboard > Template > Edit HTML .
3. Gunakan ctrl + f dan temukan kode </ body> .
4. Tepat di atas itu tempatkan JavaScript Anda.
5. Klik Simpan .

Nah ngapain lagi sekarang kalau tidak mencobanya,,semoga berhasil.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

thanks ,bermanfaat gan

Balas