Skip to main content

Cara Membuat Halaman Sitemap (Daftar Isi) HTML Keren yang mudah Ke Index

Cara membuat halaman sitemap keren di blog - Sebelum memulainya untuk menambahkan halaman Peta Situs di blogger sangat penting untuk memahami perbedaan antara sitemap HTML dan peta situs XML, di blog ini saya bagikan cara sobat mengetahui apa itu sebenarnya sitemap dan bagaimana cara membuatnya untuk di tampilkan di halaman blog .



Jadi, Apa Itu Sitemap XML?


Sebenarnya, mesin Pencari menggunakan perayap web masing-masing (bot) untuk menemukan halaman dari tautan di dalam situs dan dari situs lain. XML Sitemap adalah file berupa dot xml yang terpasang ke situs web atau blog anda yang memasok data bisa dirayapi. Isi yang ada di file peta situs terdiri dari semua postingan URL blog.

Mesin Pencari menggunakan data ini untuk mengindeks postingan blog dengan cara sebaik mungkin. Penggunaan file XML Sitemap menjamin bahwa halaman web Anda akan diindeks di mesin pencari.

Sitemap HTML

HTML sitemap adalah halaman HTML biasa yang dapat dibaca oleh bot mesin pencari maupun oleh pengunjung. Perayap web memperlakukannya seperti halaman HTML biasa (dengan banyak tautan). Tujuan utama dari penggunaan sitemap berbasis HTML adalah untuk mewakili semua postingan secara teratur sehingga pengguna dapat menavigasi semua postingan melalui satu halaman.

Fitur fitur sitemap yang saya bagikan


- Daftar posting akan diperbarui secara otomatis dengan penambahan posting baru.


- Penambahan otomatis ke postingan artikel yang baru ditambahkan.

Cara Menambahkan Halaman Sitemap Keren Di Blogger


Langkah 1. Masuk ke akun Blogger, lalu buka Halaman > Halaman baru .

Langkah 2. Masukkan judul " Peta Situs " di bidang Judul halaman.

Langkah 3. Beralih kemode HTML .

Langkah 4. Masukkan kode di bawah ini ke post yang akan di jadikan halaman sitemap atau daftar isi.

Klik disini

Langkah 5. Di bawah Pengaturan halaman > di dalam kolom Pencarian Deskripsi tambahkan deskripsi halaman sesuai selera anda.

Langkah 7. Klik pada Pilihan > di bawah komentar Pembaca> pilih Jangan izinkan > Selesai .

Secara otomatis memperbarui daftar postingan.

Langkah 8. Klik simpan dan Publikasikan .


Catatan penting: Tutorial ini hanya akan menambah Peta Situs HTML Sederhana saja. Jadi, sobat dapat mengubah tema warna-warni yang berbeda dengan sitemap tersebut.

Nah sekarang sobat telah berhasil menambahkan halaman sitemap berbasis HTML di blog.


Tempatkan tautan halaman Peta Situs, di mana pun anda ingin menampilkan halaman Peta Situs. sobat juga dapat menerapkan berbagai tema pada sitemap ini yang saya bagikan. Jika terjadi masalah mengenai pemasangat sitemap atau kesalahan pada kode script, saya harap beri masukan atau komentar di bawah,agar nantinya bisa terus saya perbaiki dan ter update.





Cukup sampai di sini tutorial cara membuat sitemap di blogger,semoga bisa menjadi bermanfaat untuk semuanya ,selamat mencoba dan semoga berhasil !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar