6 Perintah Penting CMD Windows untuk Menulusuri Jaringan

6 Perintah Penting CMD Windows untuk Menulusuri Jaringan

Ada beberapa fungsi Windows yang disediakan untuk baris perintah, command prompt, atau perintah CMD Windows yang berguna untuk menjadi ahli jaringan menelusuri semua jaringan internet. Apakah sobat mau mengenalnya ? Oleh karena itu, di artikel ini saya telah menyusun 6 perintah CMD Windows yang paling berguna bagi semua orang untuk diketahui dan kegunakan di laptop sobat.

Menggunakan System Token atau (CMD) yang baru, mungkin ada puluhan perintah yang tidak kita ketahui. Karena tidak semua mungkin untuk mencakup tools ini, saya telah merangkum dan juga meneliti enam pilihan tepat juga berguna yang terkait dengan jaringan di perintah command promt.

Semua fungsi yang akan dapat kita gunakan melalui perintah-perintah laptop atau komputer di Windows XP, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 dan lainnya. Untuk cara membuka baris perintah cmd, kita harus pergi ke Start> Run dan ketikan CMD atau gunakan Cortana untuk menemukan CMD. Kita juga dapat mengklik kanan pada menu mulai untuk membuka Windows PowerShell, yang di alternatif baru dari Microsoft.

6 Perintah CMD Windows Paling Berguna untuk jaringan


IPConfig - untuk Temukan alamat IP/ Ip Address anda dengan cara yang sederhana
Saya menggunakan perintah IPConfig dapat menemukan alamat IP cara yang berbeda, seperti di Panel Kontrol. Namun, IPconfig sederhana pada prompt perintah dengan cepat mengembalikan informasi yang kita butuhkan . Selain itu, juga akan mengetahui gateway default yang akan melayani perintah kita dengan alamat akses ke router. Untuk lebih jelasnya bisa menggunakan ipconfig / all.

IPConfig / flushdns - untuk mengatasi masalah penelusuran

Ketika mau mengubah DNS koneksi, perubahan mungkin tidak segera diterapkan . Untuk itu, kita harus "membersihkan" cache dulu yang ada di pc atau laptop . Selain itu, ini adalah fungsi yang sangat berguna untuk memecahkan masalah navigasi dalam kasus-kasus tertentu.

Ping dan tracert – untuk lebih banyak opsi untuk menyelesaikan masalah navigasi

Jika pilihan di atas dapat melayani kita dalam kasus-kasus tertentu, saya dapat mengetahui masalah jaringan . Pertama, memiliki perintah ping bahwa kita harus menyertai alamat IP atau URL web. Hal ini menyebabkan server tujuan untuk merespons, menunjukkan latensi dan paket yang hilang.

Untuk bagiannya, perintah tracert "menelusuri" jalur antara koneksi kita dan server tujuan. Sekali lagi, harus menyertai perintah dengan alamat IP atau URL halaman web. Dengan cepat, kita akan melihat ke mana koneksi kita pergi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk "mencapai" setiap perhentian. Jika itu tidak terjadi, kita bisa mendeteksi kesalahannya.

Netstat -an
Perintah netstat sangat menarik untuk menunjukkan statistik yang berbeda dari jaringan kami dan kami dapat menambahkan sub perintah tertentu untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik. Salah satu yang paling menarik adalah netstat -an, yang menunjukkan semua koneksi aktif di komputer kita dan semua port yang digunakan.

Nslookup - Temukan web dari sebuah domain
Ketika kami memasukkan URL di browser, itu bertanggung jawab, bersama dengan server DNS, untuk menemukan IP yang sesuai dengan alamat ini untuk memungkinkan kami akses ke halaman web tersebut. Dengan command prompt, kita dapat melakukannya sendiri dengan memasukkan perintah nslookup bersama dengan alamat Internet. Kita juga dapat melakukan operasi yang berlawanan dengan memasukkan perintah itu bersama dengan alamat IP.

Telnet - Hubungkan ke server Telnet
Yang saya ketahui pada Klien telnet Windows tidak diinstal secara default dan ada kemungkinan bahwa pada titik tertentu kita perlu mengakses salah satu dari server laptop sobat sendiri. Meskipun benar bahwa kita dapat menginstalnya dari Panel Kontrol, kita dapat menggunakan perintah telnet dari simbol sistem untuk mengakses salah satu dari server ini dengan cepat dan mudah, tanpa perlu menginstal perangkat lunak pihak ketiga.

Nah Ini adalah 6 perintah Windows CMD yang harus diketahui setiap pengguna Windows untuk menjadi ahli jaringan. Saya harap artikel ini membantu mempelajari beberapa perintah baru command prompt.

Apa sobat tau banyak tentang perintah cmd dan ingin menambahkan lebih banyak perintah Windows yang berguna ke daftar ini? Memang sudah banyak perintah perintah yang sering di gunakan oleh pakar IT, dosen maupun mahasiswa dan pegawai perusahaan.
Jika sobat memiliki pertanyaan tentang salah satu perintah cmd terbaru, beri saran komentar di bawah dan saya akan memperbaharui artikel ini dengan tambahan perintah cmd yang terbaru untuk menjadi ahli jaringan internet.
Perintah Windows CMD seperti apa yang sobat sering gunakan ?
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments